Jasa Legalisasi Dokumen Jakarta Pusat

Pengurusan Jasa Legalisasi Dokumen dijakarta Pusat
Kami adalah kantor penerjemah tersumpah dan jasa legalisasi dokumen yang berlokasi di Jakarta timur dan cabang kami di daerah jakarta selatan.
WWW.WTCPENTERJEMAH.COM selain melayani terjemahan tersumpah disini kami membantu anda dalam mengurus Legalisasi dokumen dari DEPKUMHAM, DEPLU, yang sekarang sudah berganti nama menjadi KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM,KEMENTRIAN LUAR NEGERI sampai KEDUTAAN (Embassy).Sebelum Dokumen di legalisasi tentunya dokumen tersebut harus diterjemahkan dulu kebahasa yang akan dituju dan terjemahan tersebut harus yang tersumpah.Antara penerjemahan tersumpah dengan legalisasi sangat erat kaitanya karna saling diperlukan untuk mengurus legalisasi tersebut.Legalisasi yang dimaksud dalah pengesahan dokumen resmi dan  untuk dinyatakan bahwa dokumen tersebut telah diterjemahkan dengan benar oleh penerjemah tersumpah.  Dinas yang berwenang mengesahkan dokumen  tersebut adalah Kementrian Hukum dan Ham,Kementrian Luar Negeri dan Kedutaan ( Embassy). Legalisasi diperlukan manakala dokumen resmi yang telah diterjemahkan digunakan untuk keperluan atau akses ke luar negeri.

Apa yang dimaksud Legalisasi ?
Legalisasi atau sertifikasi merupakan tindakan pengesahan dokumen resmi yang dilakukan oleh pejabat Indonesia yang berwenang. Perwakilan RI di luar negeri dapat melakukan legalisasi. Legalisasi yang dilakukan oleh Perwakilan RI hanya merupakan pengesahan tanda tangan dan cap. Perwakilan RI tidak bertanggung jawab atas isi dari dokumen.

Legalisasi mempunyai kekuatan hukum, karena dokumen-dokumen yang dilegalisasi mempunyai akibat hukum. Namun anda perlu mengetahui bahwa legalisasi yang dilakukan oleh Perwakilan RI adalah pengesahan keaslian cap dan atau tanda tangan bukan menyatakan keabsahan isi dokumen yang dilegalisasi

Legalisasi dokumen yang sering kami kerjakan seperti :
  • Untuk Keperluan Sekolah diluar negeri (Study)
  • Untuk keperluan tinggal diluar negeri
  • Untuk Keperluan Menikah 
  • Untuk Keperluan Bekerja 
  • Dll.

Syarat dan Proses Legalisasi Dokumen
  • Legalisasi Kementrian Hukum Kehakiman 
  1. Surat permohonan legalisasi yang di tanda tangani oleh pemohon.
  2. Foto kopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) dari pemohon.
  3. Foto kopi dokumen yang akan dilegalisasi.
  4. Bila dokumen yang akan dilegalisasi berupa terjemahan dari bahasa indonesia kebahasa asing, maka dilampirkan pula foto copy dokumen yang berbahasa Indonesianya.
  5. Dalam hal dokumen yang akan dilegalisasi adalah dokumen perusahaan, maka dilampirkan Surat Kuasa dari Direksi dan foto copy KTP dari pemberi dan penerima kuasa. 
  6. Materai Rp. 6.000,- untuk setiap dokumen yang akan dilegalisasi. 
  7. Bukti pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 
  • Legalisasi Kementrian Luar Negeri
  1. Mengajukan permohonan legalisasi disertai alasan penggunaan surat/dokumen tersebut di luar negeri.
  2. Terjemahan surat/dokumen oleh penerjemah tersumpah ke dalam bahasa dan negara yang akan dituju
  3. Foto kopi surat/dokumen yang sudah dilegalisasi oleh Departemen Kehakiman dan HAM.
  4. Materai Rp. 6000 untuk setiap surat/dokumen.
  • Legalisasi Kedutaan Negara yang bersangkutan. 
Setelah legalisasi dari KemHumham, KemLu Proses akhir adalah melegalisasi ke kedutaan.


Catatan :
Di setiap Kedutaan yang berbeda tentunya mempunyai prosedur yang berbeda,Kami membantu anda dan mempermudah anda dalam mengurus legalisasi tanpa ada masalah.Silahkan hubungi kami untuk menanyakan sekilas tentang legalisasi, kami akan berikan layanan yang terbaik buat anda.

Artikel Terkait: